World Cleanup Day 2019

Sampah: karenamu kita bersatu
Oleh: IDN Bahrain

Diawali di Estonia sebelas tahun lalu melalui gerakan membersihkan lingkungan dari sampah, 50.000 relawan Estonia berhasil memungut 10.000 ton sampah dalam sehari.

Inisiatif ini menginspirasi banyak negara untuk melakukan upaya sama. Namun, World Cleanup Day baru menjadi event dunia yang bersejarah tahun lalu, ketika dunia bersatu untuk membersihkan planet bumi dari sampah. 157 negara berpartisipasi, melibatkan sekitar 18 juta relawan.

Bahrain yang merupakan negara kepulauan dan memiliki banyak pantai memulai inisiatif pembersihan pantai tahun lalu, dengan dukungan sekitar 350 orang relawan. Ditargetkan menjadi 700 relawan tahun ini, Cleanup Bahrain pada tanggal 21 September ini dikejutkan secara manis dengan partisipasi 1.752 relawan yang tersebar di 12 pantai. Hanya dalam waktu 2 jam, lebih dari 10 ton sampah pun berhasil dipilah dalam kategori plastik dan sampah biasa.

IDN di Bahrain untuk pertama kalinya terlibat dalam Cleanup Bahrain September ini, dengan 44 relawan, yang 19 diantaranya anak-anak.

Di pantai Nurana, berbaur dengan relawan dari berbagai negara yang bersemangat memungut sampah tanpa terganggu oleh suhu yang masih di atas 36 derajat Celcius dan bau yang kurang sedap, tekad kami justru semakin bulat untuk menjadi komunitas yang sadar terhadap keselamatan lingkungan.
Diaspora Indonesia di Bahrain tidak ingin hanya sekedar menjadi penduduk di negeri ini, namun kami juga ingin berpartisipasi; tidak hanya peduli, namun juga membantu; serta tidak hanya bicara, namun juga mempraktekannya.
Ayo rekan-rekan IDN Global, hindari penggunaan plastik sekali pakai.
Pegang terus prinsip “3R” : Reduce waste, Reuse, Recycle.
Seperti kata penulis George Bernard Shaw, “Progress is impossible without change. And those who cannot change their minds cannot change anything.”
Bersama, kita pasti bisa…!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *